Ini adalah sebagian cerita gagal saya dalam menemukan racikan kopi enak. Konon agar layak disebut sebagai pecinta kopi itu tidaklah mudah. Tapi bagi saya itu preketek, yang penting Sruput dan bahagia.

Nah sodara2, cobalah racikan gagal saya berikut ini siapa tahu cocok dengan selera Anda.

Bahan :

1. Robusta dengan level roasting-an medium to dark.

Saya menggunakan robusta Lampung dari Kab. Tanggamus yang memiliki ciri khas rasa gurih-gurih gimana gitu. Mengapa tidak menggunakan robusta lain, ya karena kebetulan ini kopi robusta favorit saya.

Kemudian level rostingan medium membuat cita rasa asli kopi benar2 terasa, tidak terlalu pahit tapi tetap pahit wong namanya juga kopi. Itu kata ahli kopi dan ternyata benar. Nah, lebih enak kalo fresh roast. Kebetulan saya ada bakul kopi langganan yg bisa ngasih fresh roast. Hari ini pesan besok pagi di roasting, malamnya tak ambil. Benar-benar sueger dan wangi.

2. Gula aren secukupnya.

Mungkin saya ini termasuk penganut aliran sesat dalam dunia perkopian. Untuk menikmati robusta saya masih butuh pemanis. Namun perjalanan saya dalam menemukan pemanis yg cocok ini lumayan lama. Singkat cerita gula aren inilah yg lolos seleksi ha3x.. Ada sensasi rasa masamnya dan tidak terlalu manis.

3. Giling kasar. Seduh dengan Air mendidih yg didiamkan terlebih dahulu selama 1 menit.

Seduh lalu aduk sebentar saja, sekedar untuk menenggelamkan butiran kopi.
Tunggu 15-20 menit, lalu masukkan gula aren dan aduk.

Belum punya gilingan kopi? pecinta kopi macam apa kamu ini? he3x ndak itu cuma guyon.

Sruput kopinya, nikmatilah dan berbahagialah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.