Perjuangan di balik release Apk

Ini hanyalah secuil cerita tentang sebuah project yang sudah kami planning sedemikian rupa dan dikerjakan oleh team hebat luar biasa yang saya banggakan dengan penuh perjuangan dan dedikasi hingga tiba waktunya untuk di publish ke khalayak ramai.

Perjalanan menuju release bukanlah perjalanan yang mulus tanpa hambatan. Terkadang ada-ada saja yang membuat kami merah membara berapi-api, tapi kadang lunglai tak berdaya bak cacing yang terkena taburan garam. Juga kadang tertawa geli bahkan emosi. Namun itu semua ibarat bumbu pada masakan yang ketiadaannya menjadikannya tak nikmat.

 

itu semua ibarat bumbu pada masakan yang ketiadananya menjadikannya tak nikmat

Godaan menjelang release

sumber : https://ummaymochil.wordpress.com
sumber : https://ummaymochil.wordpress.com
Setelah semua fitur selesai dikerjakan, dan beberapa critical bug dan major bug di perbaiki, kemudian di deliver ke tim QA/Tester sehingga tiba saatnya kami tim developer menunggu laporan dari tester.

 

Inilah waktu yang sangat nge-deg-degi bagi kami. Karena hasil laporan bisa saja failed, pass atau pass with warning. Kalo failed itu artinya aplikasi dinyatakan gagal dan tidak layak untuk direlease dan kita harus perbaiki lagi. Itu artinya kemungkinan akan ada lembur, tapi jika pass itu artinya kita nyicil ayem alias apk segera release. Sedangkan pass with warning itu artinya segera release namun ada pe-er yang menanti. Namun biasanya ada-ada saja hal yang membuat release tertunda misalnya.

Komputer hang

giphy

Tak mungkin kita seharian coding doang, pasti sambil browsing-browsing juga, yutuban juga dan lain-lain. Hal ini kadang membuat beban CPU tambah berat dan akhirnya hang.

Komputer sembuh gantian devicenya yang hang

sumber: https://foxxr.com
sumber: https://foxxr.com
Setelah menutup beberapa aplikasi yang tak berguna dan tab-tab browser yang numpuk-numpuk akhirnya komputer kembali berjalan normal. Tapi kini giliran device yang minta dibelai.

Nemu Bug baru(baru ketahuan)

1-Eve-Igae-ujQAQO_NDfUdA

Ini adalah hal yang paling sontoloyo bagi kami. Wis pokoknya sontoloyo.

Fixes satu bug tapi nyenggol class lain dan menyebabkan bug baru

r_403169_M65fk

Salah satu dampak negatif reusable adalah senggol-able. Sehingga hal ini sering terjadi karena utak-atik sini ternyata nyenggol sana. Utak-atik sana ternyata nyenggol sini.

Conflict saat Git merge

pNLSMAY

Karena dalam team kami membagi tiap task kepada masing-masing programmer dan tiba saatnya hendak menggabungkan hasil pekerjaan dan akhirnya conflict. Oh.. Hal ini juga termasuk satu hal yang membuat release agak tertunda.

Hiburan menjelang release

Agar tidak spaneng dalam bekerja dan untuk menetralisir suasana tegang sekaligus mengendorkan otot-otot kaku setelah berjam-jam melototi monitor kamipun menghibur diri. Alhamdulillah kantor/ base camp kami sangat nyaman untuk hal ini.
P_20170720_200317
P_20170905_154000
P_20170609_142145

Tak ada perjuangan yang sia-sia

Itulah yang kami yakini, semua peluh keringat dan darah kami pasti terbayar dengan indah. Mamun ingat, kita jangan cepat puas karena kata monklung “perjuangan belum selesai”.

 

…perjuangan belum selesai…

Menjadi aplikasi terbaik pada tahun 2015

sebangsa-terbaik-2015

Diliput di berbagai media nasional dan internasional

Screenshot-sebangsa

Terpilih menjadi OTT Nasional

Banner OTT Nasional

Bulan Maret 2016, Sebangsa, Media Sosial untuk Komunitas Indonesia
terpilih sebagai salah satu OTT (Over The Top Application/Mobile Application) Nasional
sebagai bentuk dukungan Kominfo, ATSI dan 5 Operator Seluler Indonesia pada industri digital dalam negeri.

Top 33 Mobile Apps 2016 versi GoodNews From Indonesia

12728947_1310426895649694_7082651078278502745_n
https://kominfo.go.id/content/detail/7064/tiga-ott-nasional-akan-dibina-atsi-dan-kemenkominfo/0/sorotan_media
https://indosatooredoo.com/id/about-indosat/corporate-profile/press-release/kemkominfo-atsi-indosat-ooredoo-beri-dukungan-pada-ott-karya-putra-putri-indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *