Error Reporting in Real Time

error-1790611_1280

Hal terpenting yang harus dilakukan dalam pengembangan mobile apps ketika memasuki tahap testing adalah, bagaimana mengelola error reporting dengan baik. Tujuannya adalah agar setiap bug dapat segera dilaporkan dan kemudian dengan cepat diperbaiki. Di platform Android hal ini sangat terasa sekali karena banyaknya vendor device dengan behaviour yang berbeda-beda sehingga dapat terjadi bug yang berbeda pula. Bisa jadi di satu device tidak terjadi, tapi di lain device terjadi error.

Tujuannya adalah agar setiap bug dapat segera dilaporkan dan kemudian dengan cepat diperbaiki.

Error yang relatif mudah di tangani secara teknis adalah error yang masuk ke dalam Exception, bukan logic error atau flow error sehingga kita dapat melihatnya dengan memasang Log.e(). Tapi masalahnya adalahException yang tidak tertangkap oleh blok try catch dan terlebih ketika apk sudah berada ditangan Tester dan terjadi error yang berbeda dengan device yang kita gunakan. Sehingga jalan terbaiknya adalah menampilkan Log.error ke dalam Activity. Nah, itu yang akan kita bahas.

  1. Setiap exception yang tidak tertangkap, akan dilarikan ke dalam method UncaughtExceptionHandler. Jika ingin membuat behaviour yg berbeda, maka kita tinggal meng-implements darinya.

     
  2. Siapkan Activity untuk menampilkan error.

     
  3. Pasang di setiap Activity, atau akan lebih mudah jika anda memiliki parent class Activity, tinggal pasang disana.

    device-2016-03-29-061022

device-2016-03-29-062131

Tinggal copy paste, lalu kirim ke developer.

 

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *