Skill wajib dalam team

Skill koding dan basic logic adalah skill wajib yang harus dimiliki oleh seorang programmer. Namun ketika hendak bergabung dalam sebuah team, seorang programmer wajib memiliki beberapa skill tambahan.

Nah, berikut ini adalah skill yang wajib dimiliki oleh programmer yang bergabung dalam sebuah team.

1. Komunikasi

Ini adalah hal yang mutlak wajib dimiliki. Karena project yang dikerjakan adalah tanggung jawab bersama dan milik bersama, sehingga tentu saja ada pembagian task, penjelasan flow program dan lain-lain.

Sebuah team haruslah solid, sehingga setiap programmer wajib menjaga komunikasi.

2. Ability of Problem Solving dan Debuging.

Bukan sekedar kemampuan memecahkan masalah. Namun juga kemampuan dalam menganalisa letak error, menghadang baris error, menangkap exception dll.

Bukan sekedar kemampuan memecahkan masalah. Namun juga kemampuan dalam menganalisa letak error, menghadang baris error, menangkap exception dll.

Mengapa skill ini wajib dimiliki, karena pekerjaan yg ditangani oleh sebuah team biasanya adalah project-project berskala enterprise. Pekerjaan tidak melulu koding, tapi juga maintenance dan bugfixing.

Dalam poin ini, faktor pengalaman sangat menentukan. Semakin sering menangani masalah ini, semakin matang pula skillnya.

3. Pemahaman yang baik akan struktur package, penamaan class, variable dll.

Programmer yang baik, dapat dilihat dari setiap baris kodenya

Jika kita bekerja di dalam team, maka setiap baris kode yg kita buat haruslah mudah dipahami oleh teman satu team. Bahkan sangat memungkinkan pula bahwa script program yang kita buat ini akan bersinggungan dengan script teman kita. Sehingga kita dituntuntut agar setiap baris kode yang kita buat ini enak dilihat.

Perhatikan setiap scope, variable, package dan class. Penggunaan block comment yang tepat sesuai dan kebutuhan. Kalo perlu berilah keterangan dengan untuk setiap method, object dan flow  yang sekiranya memang butuh keterangan.

Begitu juga dengan penamaan variable, class dan object semuanya harus jelas dan rapi. Dalam pemrograman Java kita dipermudah dengan Java Coding Style Guidelines.

Itu saja..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.