Skip to content →

ASO(App Store Optimization)

Apa itu ASO?

Adalah sebuah proses optimasi untuk meningkatkan visibilitas aplikasi mobile di app store.

Mengapa?

Karena ini adalah salah satu cara yang disarankan oleh google(khususnya Android).

Sedangkan menurut pendapat kissmetric, 63% user menemukan aplikasi kita melalui browsing via appstore. Nah, pada poin inilah peranan ASO cukup besar.

LearnAboutApps-1

Tips

Judul

Hal yg pertama kali dilihat oleh user adalah Judul. Percaya kan?. Oleh karena itu, judul sebaiknya unik dan mudah diakses, menghindari istilah umum, dan memperkuat tentang apa aplikasi tersebut. Jaga agar judul terfokus – judul yang panjang mungkin akan dipotong, bergantung pada perangkat yang digunakan oleh pengguna untuk menjelajah. Hindari penggunaan istilah umum yang salah eja, karena pengguna mungkin akhirnya mengoreksi istilah penelusuran yang salah eja.

Deskripsi

Jika seorang user sudah tertarik dengan aplikasi Anda melalui judulnya, maka user pastinya akan membaca-baca deskripsi aplikasi Anda. Jika cocok, maka user akan mendownload dan menginstall . Jika tidak, maka ya tidak jadi download. Fokuskan pada pengguna dan apa yang akan mereka dapatkan dari aplikasi Anda. Gunakan Praktik Terbaik SEO dalam deskripsi, tetapi perhatikan Kebijakan Konten Google Play mengenai SPAM dan pelanggaran IP (mis., pengiriman spam kata kunci, peniruan identitas, dan lain-lain).

Teks Promo

Berikan deskripsi singkat satu baris tentang pengalaman menggunakan aplikasi Anda. Teks ini hanya digunakan pada versi perangkat lunak Android lama.

Aset Grafik dan Gambar

Ini merupakan salah satu faktor yg membuat user tertarik dengan aplikasi kita. Buatlah ikon yg menarik dan menyolok. Tambahkan juga screnshot dan video.

Diversify your audience

Disversikan aplikasi anda menurut bahasanya. Terkadang aplikasi kita memiliki jumlah pendownload yg berbeda-beda di tiap negara. Itu disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah dukungan bahasa. Jika aplikasi kita menggunakan bahasa Indonesia misalnya, maka tentu saja user di wilayah Indonesia yg banyak tertarik dengan aplikasi kita ketimbang wilayag lain.

Beberapa Uji Coba Kecil

  1. Riset trending topik
  2. Riset kompetitor
  3. Penentuan jenis aplikasi
  4. Penentuaan Judul, diskripsi dll dengan menerapkan ASO.
  5. Hasilnya Lumayan

Kesimpulan

Manfaat → Untuk menarik User
Kualitas → Untuk mempertahankan User

Menerapkan trik ASO untuk menyampaikan kepada user akan manfaat dan kualitas aplikasi kita.

Published in Bisnis Online Blogging Corat coret

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.