Skip to content →

Sebangsa, Media Sosial Paling Indonesia

Sumber

VIVAnews – Sudah banyak media sosial yang bermunculan. Anda kemungkinan paling tidak memiliki satu akun media sosial, Facebook, atau Twitter saja. Pengguna lain bisa jadi lebih aktif sosial dengan memiliki beragam situs media sosial lain, misanya Path, Instagram, Pinterest, dan lainnya.

Sayangnya, semua aplikasi itu berasal dari luar negeri. Nah, melihat hal ini muncul salah satu aplikasi sosial bikinan lokal, Sebangsa.

Aplikasi besutan PT Sebangsa Bersama ini mengklaim sebagai platform media sosial pertama di dunia yang mentransformasi layanan publik. Aplikasi yang memiliki tagline ‘berbagi dan membangun’ ini mendasarkan layanannya dengan prinsip partifipatif. Dengan prinsip itu, setiap pengguna warga Indonesia tak hanya mengakses layanan saja, namun juga menciptakan manfaat dan layanan bagi warga lainnya.

Layaknya media sosial pada umumnya, dalam keterangan tertulis hari ini, Senin 10 November 2014, Sebangsa mengembangkan fitur dasar seperti posting teks, foto, audio, check-in lokasi, profil pengguna, jaringan komunitas, dan grup. Interaksi komunitas bisa memuat ribuan anggota.

device-2014-11-11-161147

Sesuai taglinenya, Sebangsa memanfaatkan interaksi dasar pengguna untuk memberikan manfaat lain pada saat kondisi darurat, melalui kanal Sebangsa 911.

Kanal 911 merupakan kanal darurat, berisi berbagi informasi dan waspada dengan keadaan darurat melalui fitur pesan panik, pesan jaga-jaga, dan laporan darurat.

Fitur laporan darurat bisa menginformasikan kepada sesama pengguna tentang berbagai peristiwa misalnya banjir, kecelakaan, kebakaran, pemblokiran jalan.

Fitur pesan panik memungkinkan pengguna Sebangsa bisa mengirimkan pesan penting kelima pengguna Sebangsa terdekat. Fitur pesan jaga-jaga yang memungkinkan pengguna bisa dipantau oleh pengguna lain dengan mengirimkan data lokasi. Sehingga, lokasi terus terpantau dan sampai tujuan dengan selamat.

Selain kanal darurat, Sebangsa juga menyediakan kanal khusus untuk konsumen, Sebangsa1800. Di kanal ini, pengguna bisa berbagi informasi, ulasan atau penaduan atas kualitas layanan produk tertentu.

Screenshot

Aplikas media sosial ini telah tersedia untuk perangkat berbasis Android dan iOS.

“Sebangsa diperuntukkan bagi seluruh warga negara Indonesia, didesain memiliki cukup fleksibilitas berbagai kebutuhan individu maupun kelompok,” tulis Sebangsa dalam keterangannya.

Nantinya, pada versi berikutnya, Sebangsa bakal dilengkali dengan kanal event nasional (Sebangsa 365), grup berbasis lokasi (Sebangsa000), Kanal berita nasional (Sebangsa24), kanal pemirsa televisi (SebangsaTV), kanal pusat informasi (Sebangsa108), dan layanan publik lainnya.

Published in Dunia IT Jejaring Sosial

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.