Fotografer vs Disainer vs Seniman Beladiri

Gambar dibawah ini adalah sampul majalah Tai Chi yang terbit tahun 2011. Modelnya adalah Ivana Ardelia Irmanto alias Nana, atlet Wushu nasional peraih medali perak Asian Games Guangzhou. Fotografernya adalah seorang dosen fotografi di salah satu Institut Seni di Jogja.

Kata beberapa praktisi, foto ini malah mirip atraksi debus.
Kata beberapa praktisi, foto ini malah mirip atraksi debus.

Pastinya ada beberapa disiplin ilmu yg terlibat dalam pembuatan sampul majalah ini. Fotografi, Disain Grafis dan Seni Beladiri tentunya. Baik fotografer, disainer maupun sang model(mbak Ivana) adalah orang-orang yang mumpuni di bidangnya dan tak perlu diragukan lagi kemampuanya.

Saya yakin sang fotografer dan atau editornya sudah berusaha sebaik mungkin untuk menghasilkan gambar yang terbaik sesuai estetika disain dan fotografi. Tetapi karena obyeknya adalah atlet Wushu, artinya ini menyangkut disiplin ilmu lain(diluar fotografi), maka seharusnya ada sikap menghargai ilmu diluar disiplinnya. Sehingga tidak menimbulkan kejanggalan di mata para praktisi.

Tulisan ini terinspirasi dari postingan salah seorang member grup KPPBIĀ https://www.facebook.com/groups/komunitas83/permalink/839957616080366/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *