Ra ana uyah waton gebyah

asu-tenanee

Arti Gebyah uyah

Gebyah uyah sendiri adalah istilah dalam bahawa Jawa yang kurang lebih artinya adalah menyamaratakan atau menggeneralisir masalah. Ilustrasinya kurang lebih
seperti cerita fiktif berikut ini.

Tumini dan Wagiman adalah sepasang kekasih. Di hati Tumini tak ada lelaki lain selain Wagiman. Begitu pula sebaliknya. Dunia serasa milik berdua.

sumber:http://lovepoemsforherhim.com/
sumber:http://lovepoemsforherhim.com/

Tapi sungguh tak disangka suatu ketika Tumini mengonangi Wagiman sedang mermadu kasih dengan wanita lain. Ia pun kecewa setengah mati karena sakit hati. Wagiman selingkuh dengan wanita lain. Saking marah dan kecewanya Tumini sampai-sampai ia benci kepada setiap lelaki. Semua lelaki brengsek katanya.

sumber gambar:http://kelascinta.com/
sumber gambar:http://kelascinta.com/

 

Semua lelaki brengsek

~Tumini~

Woo lha pancen semprul kok kowe Tum..

Lain ceritanya dengan Gogon. Karena ia pernah diperas oleh oknum polisi, lantas dengan emosi ia mengatakan “semua polisi itu bajingan”.

PolisiDamaiTilangBGS

semua polisi itu bajingan

~Gogon~

Tumini dan Gogon adalah orang yang gebyah uyah. Hanya karena pengalaman pribadi lantas menghukumi orang lain bahkan semua orang dengan sama rata tak pandang bulu. Padahal itu adalah sikap yang kurang benar.

Yang cukup memprihatinkan adalah orang model Tumini dan Gogon ini tak jarang kita jumpai di masyarakat kita. Salah satu contohnya adalah yang banyak dialami oleh beberapa ibu2/ummahat yg memakai niqab lantas dicurigai sebagai istri teroris. Dan masih banyak lagi contoh kasus lain yang terjadi hanya karena sikap gebyah uyah ini.

Kurang Cerdas

sumber:http://viresanrans.blogspot.co.id/
sumber:http://viresanrans.blogspot.co.id/

Bagaimanapun juga sikap gebyah uyah itu sangatlah tidak cerdas.

Bagaimanapun juga sikap gebyah uyah itu boleh dibilang sikap yang kurang cerdas. Kalo dimodelkan secara matematis, orang yang gebyah uyah itu sangatlah tidak logis.
Lha wong jika f(1) = 2 aja belum tentu f(x) = 2*x kok.
Harus diperhatikan dulu apakah ada kejadian lain dimana f(2) = 3, f(3) = 4 dan f(4) = 5 atau tidak. Baru bisa disimpulkan bahwa f(x) = x+1. Nah ketahuan kan kalo f(x) = 2*x salah karena tidak berlaku jika f(2) = 3, f(3) = 4 dan f(4) = 5.

Begitulah sodara, jadilah orang yang cerdas dan janganlah suka gebyah uyah. Kalo bukan uyah jangan di gebyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *