Hal yang harus diperhatikan bagi Single Fighter Developer

Salam Superman.

Oke, siapkan kopi panas sebelum baca artikel ini agar bisa membaca sambil nyruput.

Baik kita mulai. Ehem 2x.

Ada sebagian developer yg memilih menjadi staf developer pada perusahaan. Namun ada juga sebagian yg lain memilih menjadi single fighter aka freelancer. Ada juga yg bisa menjelma menjadi keduanya. Nah, tentu saja dari kedua jenis developer tersebut memiliki tantangan yg berbeda. Tentu saja single fighter memiliki tantangan yg lebih berat. Oleh karena itu ada beberapa poin penting menurut saya(teori bebas tanpa referensi) yg harus kita perhatikan.

1. Berapa Hargamu.

profit
Kalo ada developer yg menjual website toko online lengkap dengan chart dan segala fiturnya dengan harga 750 ribu, ya itu terserah dia. Biar dia sendiri yg menanggung segala efek sampingnya.

..jika Anda adalah seorang single fighter, itu berarti Anda adalah seorang programmer sekaligus system analys, database admin, ux designer bahkan server admin pula.

Namun menurut saya jika Anda adalah seorang single fighter, itu berarti Anda adalah seorang programmer sekaligus system analys, database admin, ux designer bahkan server admin pula. Oleh karena itu saya ucapkan selamat kepada Anda karena telah berhasil menjadi Superman ha3x..

Nah, inilah yg sering luput dari perhitungan kita sehingga seringkali seorang single fighter menerima bayaran yg sebenarnya jauh lebih rendah dibandingkan pengorbanannya.

Buatlah rincian yg berani namun tetap realistis. Jangan takut kehilangan order, percayalah kalo sudah rejeki takkan kemana.

2. Write once, use every want.

tools-pano_20801

Ada kalanya project yg kita kerjakan kali memiliki flow yg sama dengan project beberapa waktu lalu sehingga kita perlu mendokumentasikannya dengan baik.

Oleh karena itu sangat mungkin kita menggunakan kembali code yg pernah kita buat.

Ada pula method atau function yg sangat mungkin akan sering digunakan sehingga Andapun mengumpulkannya ke dalam satu kelas yg dapat diakses dari manapun.

3. Create once, sale every time.

Pengertian-Harga-Jual
Saatnya membuat single product yg dapat menghidupi kita. Itulah impian setiap developer. Namun itu butuh perjuangan panjang dan tak semudah membalikkan telapak tangan.

Facebook, Instagram, Twitter adalah contohnya. Tak hanya kemampuan teknis saja yg dibutuhkan. Namun jika kita tidak bisa mencapai level itu, maka masih banyak alternatif bagi developer kelas teri seperti saya. Masih ada envanto, codester dan kawan-kawan.

4. Sampai Kapan.

Hans_Moleman
Ada yg punya slogan coding for food. Ada juga yg bilang coding for fun. Asal jangan coding sampai mati.

Ada kalanya kita nanti tua, pikun dan lemah. Saatnya memikirkan cara untuk menginvestasikan hasil jerih payah selama coding. Banyak pilihannya. Dalam hal ini saya memilih menanam pohon Sengon. Sehingga saya pun menjadi PNS(Programmer Nandur Sengon).

Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.