Gaji Junior Programer VS Gaji Tukang Sapu Kereta

Sekedar share dari hasil browsing saya di google tentang gaji programmer. Maksud hati ingin mengetahui berapa standar gaji programmer di Indonesia. Eh malah ketemu postingan seperti ini.

Saya ambil dari : http://computerdion.wordpress.com/2008/04/24/gaji-junior-programer-vs-gaji-tukang-sapu-kereta/, berikut isinya :

Kadang saya sebagai seorang mahasiswa IT yang bercita-cita sebagai seorang programer handal atau lebih tinggi lagi seorang system analis merasa hidup ini sedikit tidak adil.

Beberapa wakut yang lalu saya naik kereta ekonomi progo ke jakarta, biasa ngapelin pacar. Karna saya tinggal dan kuliah di jogja sementara pacar tinggal dan kuliah di jakarta. Tapi saya tidak akan menceritakan kisah cinta saya disini. He…he…he, OK back to laptop.

Ketika saya naik kereta, kurang lebih saat itu jam 12 malaman kereta berhenti di statsiun cirebon. Naiklah seorang anak muda ( ya seumuran saya 18 – 20 tahunan ) dengan muka sangar, baju compang-camping dan membawa sapu di tangannya. Sementara di saku celana jeans skaters bututnya terselip botol parfum pengharum ruangan entah merek apa.

Beberapa saat kemudian dia mulai menyapu gerbong yang saya tumpangi tanpa disuruh. Setelah selesai menyapu gerbong dia mengeluarkan kantong bekas permen untuk meminta uang, dan kadang secara paksa membangunkan penumpang yang sedang tidur. Beberapa penumpang mungkin malas cari masalah dan memberikan 500 – 1000 rupiah karna si penyapu tak diundang itu tidak mau diberi uang pecahan 100 rupiah. Saya sempat tidak perduli begitu saja. Namun saya lama-lama berpikir jika dia mendapat 500 rupiah saja dari seorang penumpang dan satu gerbong ada 20 orang saja yang memberi berarti satu gerbong dia dapat 10.000 rupiah, kalo satu kereta ada 15 gerbong berarti dia dapat 150.000 rupiah. Waduh……..! itu baru satu kereta saja. Sehari kan 24 jam katakan dia selalu ikut kereta itu dari CIREBON – JAKARTA dan JAKARTA – CIREBON berarti dapat 300.000 sehari. Kalo sebulan dia kerja 25 hari aja ( yang 5 hari cuti, naik kereta tiap hari masuk angin ntar ) berarti dapat uang 7.500.000. Angka yang sangat fantastis buat saya yang seorang JUNIOR PROGRAMER FREELANCE. Seorang junior programer g mungkin dapat angka 7,5 juta sebulan kalo cuma kerja di jogja pikir saya dalam hati. Belum habis rasa terkejut saya, si penyapu tadi balik lagi (mungkin kereta udah sampe daerah cikampek ) dengan pakaian yang beda ( jadi kalo penumpang ngantuk g mungkin mengenalinya ). Kali ini dia menyemprot pengharum ruangan, yang baunya sumpah g enak banget. Yah dengan modus yang sama minta uang dengan kasar. Asumsikan perhitunganya sama dengan saat dia menyapu berarti sebulan dapet 2 x 7,5 juta berarti 15 juta ?????????????. BUSYET………………

Seorang programer katakan proyek rutinya adalah membuat web site (padahal g tiap bulan ada) asumsikan dia dapat 2,5 juta bersih untuk penghasilanya. karna meskipun nilai tendernya besar misal 10 juta bakalan abis buat biaya operasional. 2,5 juta satu project, katakanlah satu bulan dia mampu mengerjakan 2 buah project ( walau pakai lembur siang-malam + bolos kuliah 3 kali ). hasilnya baru 5 juta.

Sekarang coba bandingkan, Modal sapu dan pengharum ruangan murah apa sampe 1 juta ???

Sementara kami-kami programer modalnya gila-gilaan. Buku-buku buat belajar hal-hal baru, koneksi internet yang g boleh putus. Cuma dapat 5 juta sebulan. Sementara si penyapu dapat 15 juta sebulan……

Tragis memang, yah tapi g papalah dengan penghasilan 5 juta sebulan saya masih bisa hidup layak, bisa kirim uang setiap bulan buat pacar saya. Ya karena dia dah jadi tanggungan saya sejak kuliah, karna ibunya g mungkin biayain dia kuliah di jakarta. Masih bisa semesteran dia, Puji Tuhan………..

Tuhan dah menentukan Berkat dan Anugerah masing-masing orang g perlu ngiri meskipun……..

Gaji Junior Programer VS “Gaji” Tukang Sapu Kereta

dimenangkan telak oleh “Gaji” Tukang sapu kereta 5 – 15

^_^

Sumber : http://computerdion.wordpress.com/2008/04/24/gaji-junior-programer-vs-gaji-tukang-sapu-kereta/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *