Jangan Mau Jadi Programmer Miskin

Kata siapa kerja di bidang IT itu menjanjikan. Belum tentu pren, tergantung kerja dimana dan seberapa bagus kemampuan kita. Apalagi di negeri kita ini.

Kita pasti tahu lah, perusahaan2 di negeri kita ini baik swasta maupun pemerintah masih kurang memaksimalkan gaji Programmer. Ini bukan saya saja yang bilang, tapi setiap kali browsing dengan kata kunci gaji programmer, yang muncul justeru uneg2 dan curhat para programmer yang kurang puas dengan gaji nya. Lebih menyedihkan lagi, banyak programmer yang tugasnya dobel atau bahkan tripel. Programmer sekaligus analist, tapi gajinya tetep gaji programmer.

Saya malah menemukan thread seperti ini di KASKUS :

Oh ya, beberapa hal mengenai manajer proyek.

  1. Manajer proyek yang tidak punya pengalaman programming biasanya selalu mempunyai kesulitan berkomunikasi dengan programmer-programmernya. Karena dia tidak mengerti hal-hal teknis. Yang paling gw benci dari manajer seperti ini jika mereka berlagak sok tau dan mengerti semuanya, yang pada akhirnya programmer akan selalu kena getah dari kesalahan dia. Programmer yang mempunyai manajer seperti ini biasanya selalu mengalami kesulitan. Gw pribadi selalu meninggalkan manajer seperti ini karena pekerjaan programmer itu sendiri sudah melelahkan.
  2. Untuk desain, semua orang punya rasa dan ukuran soal desain. Desainer hanya perlu mengerti ukuran rasa dan desain yang diinginkan oleh klien. Gw pribadi yang seorang programmer bisa ngedesain cukup bagus dan disukai banyak orang. =). Keahlian desainer yang diperlukan cuma 1: Ahli menggunakan software desainer melebihi orang awam rata-rata. Kalo tidak manajer proyek biasanya lebih memilih orang dengan gaji rendah untuk desain, rata-rata ini dilempar ke programmer.
  3. SEMUA ORANG paling BENCI manajer proyek yang tidak punya pengetahuan teknis seperti programming, server, object-oriented programming, dan lain-lain. INI KENYATAAN!Kalo lo punya poin yang bisa memberi nilai positif sama manajer proyek tanpa latar belakang programmer dan hanya desainer, silahkan post. Tapi gw pribadi lebih memilih manajer dengan pengetahuan teknis.

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9770793

 

Bagaimana Solusinya?

  1. Jangan pesimis dan jangan berhenti asah kemampuan.
  2. Belajar ilmu marketing dan public speaking agar bisa nyari klien sendiri
  3. Belajar menulis, buat menaikkan image branding dan harga jual.
  4. Ayo cari proyek sendiri. Syukur2 bisa cari orderan di LN. Ini bisa kita lakukan secara online juga. Seperti di http://www.scriptlance.com/
  5. Lihat ke bawah, masih banyak orang yang lebih miskin dibanding kita. Tinggal bagaimana mensyukurinya. Sudahkah kita gunakan harta hasil kerja kita sbg programmer ini untuk hal2 yang diridhai oleh Allah ta’ala spt, shadaqah dan lain2.
  6. Sekian semoga bermanfaat.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *